Hari ini ada yg ngambek, gara2x diajakin nengokin 'ade' nya yang lagi didandanin.
Dari rumah biasa aja nggak ada firasat apa2x, baru jalan kira2x 3km dah minta pulang.
dibujuk2x cuman mau jalan 500m an trus ngambek lagi, akhirnya pas dibilang mau pulang aja, baru dah dia mau bergerak.
Thanks to tante Ifke & Oom Hendry en abang2x tk Accu yang dah nge bantuin ngebujuk (baca: nge jumper) si Blueweq.
Diagnosa sementara, pengapian kagak beres (ngambek 1) plus saringan bensin depan belakang mampet (yang ke2x nya).
{sent via e70}
Saturday, April 26, 2008
Sunday, April 20, 2008
Modal ngoprek
Monday, April 14, 2008
Rangkaian CDI (Capacitor Discharge Ignition Circuit)
Nah....
kalo yang ini rangkaian CDI nya neeh

Taken from http://electronics4everyone.blogspot.com/search/label/Ignition%20Circuit
kalo yang ini rangkaian CDI nya neeh
Taken from http://electronics4everyone.blogspot.com/search/label/Ignition%20Circuit
The CDI ignition circuit produces a spark from an ignition coil by discharging a capacitor across the primary of the coil. A 2uF capacitor is charged to about 340 volts and the discharge is controlled by an SCR. A Schmitt trigger oscillator (74C14) and MOSFET (IRF510) are used to drive the low voltage side of a small (120/12 volt) power transformer and a voltage doubler arrangement is used on the high voltage side to increase the capacitor voltage to about 340 volts. A similar Schmitt trigger oscillator is used to trigger the SCR about 4 times per second. The power supply is gated off during the discharge time so that the SCR will stop conducting and return to it's blocking state. The diode connected from the 3904 to pin 9 of the 74C14 causes the power supply oscillator to stop during discharge time. The circuit draws only about 200 milliamps from a 12 volt source and delivers almost twice the normal energy of a conventional ignition circuit. High voltage from the coil is about 10KV using a 3/8 inch spark gap at normal air temperature and pressure. Spark rate can be increased to possibly 10 Hertz without losing much spark intensity, but is limited by the low frequency power transformer and duty cycle of the oscillator. For faster spark rates, a higher frequency and lower impedance supply would be required. Note that the ignition coil is not grounded and presents a shock hazard on all of it's terminals. Use CAUTION when operating the circuit. An alternate method of connecting the coil is to ground the (-) terminal and relocate the capacitor between the cathode of the rectifier diode and the positive coil terminal. The SCR is then placed between ground and the +340 volt side of the capacitor. This reduces the shock hazard and is the usual configuration in automotive applications.
Sunday, April 13, 2008
Ignitor circuit
Hayoo... sapa yang mo bikin
rangkaian nya udah ada nich, katanya sich buat mobil lawas a.k.a jadul, bisa bikin awet platina en kondensor plus bikin api di busi tambah guede.
kayaknya sich modal nya nggak banyak2x amat dech.
yuk yuk yuk kita merangkai...
RALAT !!!
gambar yang pertama (background putih) salah euy, itu mah buat percobaan buat ngeliat loncatan api dari koil. yang bener yang atas (kuning) maap yaaa sebelumnya

Daftar komponen
R1 1kohm
R2 1kohm
R3 50ohm
D1 1N4007
D2 1N4007
D3 400V zener diode 1.5KE400
T1 2N7000 Mosfet
T2 BUK854-500IS IGBT
rangkaian nya udah ada nich, katanya sich buat mobil lawas a.k.a jadul, bisa bikin awet platina en kondensor plus bikin api di busi tambah guede.
kayaknya sich modal nya nggak banyak2x amat dech.
yuk yuk yuk kita merangkai...
RALAT !!!
gambar yang pertama (background putih) salah euy, itu mah buat percobaan buat ngeliat loncatan api dari koil. yang bener yang atas (kuning) maap yaaa sebelumnya
Daftar komponen
R1 1kohm
R2 1kohm
R3 50ohm
D1 1N4007
D2 1N4007
D3 400V zener diode 1.5KE400
T1 2N7000 Mosfet
T2 BUK854-500IS IGBT
Tuesday, April 08, 2008
Uweq's restoration project
Wokeh...
Dengan ini dinyataken bahwasanya, proye' restorasi siUweq dimulai
mulai dari kerok abis sampe keliatan kinclonk besi nya :-)


trus cat sementara buat lihat "benjol2x" nya

gelap amat ni foto, maklum jam 10 malem pake HP pula
Pas Siang2x baru dah keliatan Kropok nya di dudukan shockbreaker belakang


Blom diamplas neeh

Cat warna Orange lapisan pertama (baru selapis aja dah ngejrenk gini yak?




mumpung masih proses poles memoles, mesin en AC nya juga sekalian dibenerin, naa pas ganti packing carter olie, baru dah keliatan kalo ternyata saringan olienya patah (yg di dalam karter), nanya ke RM musti beli satu set sama oil pump.
Foto saringan olie dan tumpukan kaleng bekas bahan2x ngecat si Uweq


Dengan ini dinyataken bahwasanya, proye' restorasi siUweq dimulai
mulai dari kerok abis sampe keliatan kinclonk besi nya :-)
trus cat sementara buat lihat "benjol2x" nya
gelap amat ni foto, maklum jam 10 malem pake HP pula
Pas Siang2x baru dah keliatan Kropok nya di dudukan shockbreaker belakang
Blom diamplas neeh
Cat warna Orange lapisan pertama (baru selapis aja dah ngejrenk gini yak?
mumpung masih proses poles memoles, mesin en AC nya juga sekalian dibenerin, naa pas ganti packing carter olie, baru dah keliatan kalo ternyata saringan olienya patah (yg di dalam karter), nanya ke RM musti beli satu set sama oil pump.
Foto saringan olie dan tumpukan kaleng bekas bahan2x ngecat si Uweq
and here's the Final Result
Tuesday, April 01, 2008
Monday, March 31, 2008
Pilih2x warna Cat buat siUweq
Yang bagus apaa yaa buat nge ganti catnya siUweq?
Aslinya sich biru muda blueweq (di STNK biru muda metalik)
drivernya sich maunya warna orange agak ke coklatan gitu
nyari di web kalo diluaran yang masih banyak bereday Uno 2 pintu (turbo), jadi yaa contoh2x di bawah mayoritas yang 2 pintu semua dah
ini penampakan aslinya

Pilihan warna









{sent via e70}
Aslinya sich biru muda blueweq (di STNK biru muda metalik)
drivernya sich maunya warna orange agak ke coklatan gitu
nyari di web kalo diluaran yang masih banyak bereday Uno 2 pintu (turbo), jadi yaa contoh2x di bawah mayoritas yang 2 pintu semua dah
ini penampakan aslinya
Pilihan warna
{sent via e70}
Sunday, March 23, 2008
Long weekend - liburan plus ngoprek
Akhirnya dapet juga ntu small tie-rod di Sawah besar.
lucunya ternyata dua2x nya bukan bawaan original Uno (see pic below in previous post)
yo wiss lah darurat, jadi beli aja yang ada (mana ujan2x an lagi)
tadinya mo kebandung malam rabu atau kamis subuh, berhubung pulang kerja jam 10 malem (dooooohhh....) en ngoprek selesai jam 12 malem, akhirnya berangkat ke Bdg jam 7 pagi :-)
walhasil kena macet dah.... parah euy Cinere - Bandung 7 jam -an (6 jam di jalan plus 1 jam ngantri di toilet rest area).

Di Logam istirahat bentar trus sore nya ke Muararajeun 14 (tempat Adik ipar) buat nyicipin menu steak di restoran baru nya, abis gitu ngantuk dah :-)


Hari minggu pulang dari Bandung jalanan lancar, mampir dulu ke bengkel buat ngobrol sama Tk Cat yang mo ngerja'in siUweq (minggu depan), trus ke rmh ortu di Halim.
pas mo pulang dari Halim terpaksa ngolong lagi gara2x siUweq starternya ngelos, ternyata ring plastik/carbon antara dynamo starter en blok mesin pecah, jadinya stelan nya nggak pas.
akhirnya di ganti aja sama ring 3 lapis
lucunya ternyata dua2x nya bukan bawaan original Uno (see pic below in previous post)
yo wiss lah darurat, jadi beli aja yang ada (mana ujan2x an lagi)
tadinya mo kebandung malam rabu atau kamis subuh, berhubung pulang kerja jam 10 malem (dooooohhh....) en ngoprek selesai jam 12 malem, akhirnya berangkat ke Bdg jam 7 pagi :-)
walhasil kena macet dah.... parah euy Cinere - Bandung 7 jam -an (6 jam di jalan plus 1 jam ngantri di toilet rest area).
Di Logam istirahat bentar trus sore nya ke Muararajeun 14 (tempat Adik ipar) buat nyicipin menu steak di restoran baru nya, abis gitu ngantuk dah :-)
Hari minggu pulang dari Bandung jalanan lancar, mampir dulu ke bengkel buat ngobrol sama Tk Cat yang mo ngerja'in siUweq (minggu depan), trus ke rmh ortu di Halim.
pas mo pulang dari Halim terpaksa ngolong lagi gara2x siUweq starternya ngelos, ternyata ring plastik/carbon antara dynamo starter en blok mesin pecah, jadinya stelan nya nggak pas.
akhirnya di ganti aja sama ring 3 lapis
Tuesday, March 18, 2008
ternyata beda :-(
Sore2x pas lagi riweuh di kantor ada telp dari istri
"siUweq ngadat nich, nggak bisa pindah gigi, gimana doonk??" (dengan nada sedikit panik)
He...he....he...., mayan tuch sport jantung juga dia bawa mobil gigi 2 terus, untung nggak kena macet en dah deket sekolah nya Aliff.
Langsung aja dia inisiatif mbelokin siUweq ke parkiran sekolahan sambil minta bala bantuan P' Satpam & driver sekolah.
pas di check nggak taunya tie-rod kecil yang bertugas menyambungkan tuas persneling dan gearbox copot. Akhirnya diakalin dah sama para warga Arrahman-Islamic School dengan cara diiket pake kawat, trus perjalanan di lanjutkan dah :-)
Pulang kerja jam 9 langsung ngolong buat nyopot ntu tie-rod (susye euy gara2x dah pada karat/kerak an bautnya), ternyata bentuknya beda antara sisi satu dan lain nya, tie-rod yang nempel di gearbox masih original nya Fiat (yg ini yg jebol), sedangkan sisi sebelahnya nggak tau pake tierod apa (lebih gede en konstruksinya lebih kuat) ada yang tau nggak? (see below pic)
Mudah2xan di RM ada stock, soalnya siUweq mo ke Bandung euy pas long weekend
"siUweq ngadat nich, nggak bisa pindah gigi, gimana doonk??" (dengan nada sedikit panik)
He...he....he...., mayan tuch sport jantung juga dia bawa mobil gigi 2 terus, untung nggak kena macet en dah deket sekolah nya Aliff.
Langsung aja dia inisiatif mbelokin siUweq ke parkiran sekolahan sambil minta bala bantuan P' Satpam & driver sekolah.
pas di check nggak taunya tie-rod kecil yang bertugas menyambungkan tuas persneling dan gearbox copot. Akhirnya diakalin dah sama para warga Arrahman-Islamic School dengan cara diiket pake kawat, trus perjalanan di lanjutkan dah :-)
Pulang kerja jam 9 langsung ngolong buat nyopot ntu tie-rod (susye euy gara2x dah pada karat/kerak an bautnya), ternyata bentuknya beda antara sisi satu dan lain nya, tie-rod yang nempel di gearbox masih original nya Fiat (yg ini yg jebol), sedangkan sisi sebelahnya nggak tau pake tierod apa (lebih gede en konstruksinya lebih kuat) ada yang tau nggak? (see below pic)
Mudah2xan di RM ada stock, soalnya siUweq mo ke Bandung euy pas long weekend
Blueweq - a new look
dah lama nggak posting soal si Blueweq :-)
abis baek2x aja seeh dia sekarang, nurut aja apa kata mPu nya
sebenernya mo share foto2x terbaru dia sesudah di make-up sedikit di ART
sayang Camdig nya lagi rusak, jadi mungkin nunggu cuaca bersahabat baru bisa di foto pake HaPe
Baru dicuci nich

siUweq ngintip di belakang
abis baek2x aja seeh dia sekarang, nurut aja apa kata mPu nya
sebenernya mo share foto2x terbaru dia sesudah di make-up sedikit di ART
sayang Camdig nya lagi rusak, jadi mungkin nunggu cuaca bersahabat baru bisa di foto pake HaPe
Baru dicuci nich
siUweq ngintip di belakang
Subscribe to:
Posts (Atom)